TAMPIL CANTIK DAN SEHAT DENGAN KAWAT GIGI CEKAT [BEHEL]

Kawat gigi cekat atau yang dikenal dengan sebutan behel adalah suatu alat yang digunakan dalam kedokteran gigi untuk meratakan atau merapikan gigi yang tidak rata atau gigi yang bertumpuk. Penggunaan Behel dalam kedokteran gigi dikenal dengan istilah perawatan orthodonti.

Fungsi perawatan ortodonti yaitu untuk estetika dan mengembalikan kondisi gigi yang tidak normal. Pada gigi yang maju, gigi berjejal atau menumpuk, gigi yang renggang yang menyebabkan senyum tidak menarik sehingga berdampak pada sisi emosional yaitu menjadi tidak percaya diri. Denga kata lain manfaat pemasangan behel gigi adalah membantu mengatasi berbagai masalah gigi dan mulut. Dimana masalah gigi dapat datang dari faktor keturunan (bawaan lahir), maupun kebiasan-kebiasan buruk sewaktu kecil.

Pada kondisi gigi yang tidak beraturan bisa menyebabkan sulitnya pembersihan, dan ini akan berakibat gigi menjadi berlubang, bakteri dimulut, penyakit gusi, bahkan dapat menyebabkan gigi lepas. Pada gigi berjejal juga menyebabkan oklusi (kontak gigi atas dan bawah) tidak sempurna. Gigi belakang yang tidak kontak menyebabkan kesulitan mengunyah, makanan menjadi tidak lembut sehingga akan menyebabkan gangguan pencernaan. Sedangkan pada gigi depan yang tidak kontak sempurna menyebabkan fungsi bicara terganggu dimana tidak dapat mengucapkan vokal tertentu dengan jelas. Semua permasalahan tersebut diatas dapat diperbaiki dengan perawatan ortodonti  atau pemasangan kawat gigi cekat.

Dalam penggunaannya,  behel pada umumnya dinilai hanya untuk mereka yang masih remaja, padahal untuk orang dewasa juga bisa mendapatkan manfaat dan  kentungan dari perawatan behel ini.

Untuk waktu yang tepat pasang behel adalah saat gigi permanen sudah tumbuh, yaitu sekitar usia 12–18 tahun. Maka Apabila saat usia tersebut terjadi pertumbuhan gigi yang tidak rapih, akan lebih baik segera konsultasi ke dokter gigi  untuk penanganan lebih dini. Lama penggunaan behel gigi pada anak anak tergantung bagaimana mereka beradaptasi pada kawat gigi yang digunakan dan tingkat pertumbuhannya. Anak anak biasanya akan diminta menggunakan behel sekitar 1.5 tahun hingga 3 tahun. Setelah itu akan dianjurkan menggunakan retainer untuk menjaga kondisi gigi agar tetap rata. Sementara itu untuk penggunaan behel gigi dewasa diperlukan lebih banyak kawat gigi, sehingga prosesnya akan lebih lama. Hal ini karena tulang sudah berhenti berkembang. Untuk diketahui bahwa dalam satu paket behel terdapat beberapa komponen/ alat yang punya fungsi masing-masing. Salah satu dari komponen tersebut adalah Bracket, benda yang ditempatkan menempel di permukaan gigi dan saling terhubung melalui kawat gigi dengan fungsi untuk menekankan atau menggiring gigi ke posisi yang diinginkan

Perlu untuk diketahui, adakala dalam masa peawatan behel akan timbul rasa sakit, kurang memiliki tenaga untuk menggigit, gigi sedikit terasa longgar, bahkan mengalami cidera, permasalahan ini  disebut sebagai risiko yang wajar. Semua itu dapat diatasi dengan pola perawatan yang intensif. Atasi rasa tidak nyaman pada kawat gigi dengan memilih makanan yang lunak, minum air dingin, minum obat pereda nyeri, kumur air garam, mengurangi konsumsi asam atau lakukan kompres hangat.

Pada akhirnya, Susunan gigi dan bentuk rahang sangat berpengaruh terhadap bentuk wajah(profil) dan kesehatan seseorang. Gigi yang rapi dan teratur membuat senyum yang indah sehingga kita menjadi lebih percaya diri. Tidak ada kata terlambat untuk perawatan ortodonti karena perawatan ini dapat dilakukan pada usia remaja maupun dewasa. (@demeeradentalcare)

0 Reviews

Write a Review

Said Rulam Fauzi

Read Previous

Muker I Kupi, Meneguhkan Eksistensi Sebagai Sebuah Paguyuban Yang Demokratis Serta Egaliter

Read Next

Syukuran Keluarga besar TIM yang dilaksanakan di kediaman pak Safli Didoh atas pulihnya kesehatan pak Adnan Ganto yang telah menjalani operasi syaraf tulang belakang terjepit di Mt.Elizabeth pada Juni yang lalu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *