BAZ PP TIM Luncurkan Zakat Online, Sebuah Terobosan Dalam menghadapi Pandemi Covid-19

Badan Amil Zakat PP TIM meluncurkan sebuah program pengumpulan zakat melalui sistim online pada 1 Ramadhan1441 bertepatan dengan Jumat, 24 April 2020. Bertempat di kediamann Ketua BAZ, Bapak H. Hasyim Syam,  peluncuran sistim online dilakukan setelah pengurus BAZ PP TIM dan Tim support untuk creative dan teknis berhasil melakukan uji coba melalui perangkat smartphone dan komputer.

Dalam sistim online ini para calon pemberi zakat cukup meng’klik’ tautan yang akan dikirim melalui WhatsApp. Tautan yang telah di-klik tersebut akan membawa pengguna WA ke sistim BAZ yang  berbasis web. Melalui tautan halaman web tersebut akan terbuka formulir online dimana pengguna langsung dapat memasukkan data diri dan menyatakan berapa jumlah zakat yang akan disalurkan melalui BAZ TIM. Jumlah zakat atau infaq akan ditambahkan tiga angka unik untuk memudahkan proses identifikasi transfer. Setelah total jumlah transfer keluar, pengguna akan diminta untuk transfer ke Rekening BNI milik BAZ PP TIM.

Menurut Ketua BAZ TIM, terobosan baru dan inisiatif dari zakat sistim online ini merupakan suatu cara yang harus ditempuh BAZ sehubungan dengan merebaknya wabah Covid-19 di tanah air. “Dikarenakan kita terkena covid dan aturan PSBB dimana kita tidak dapat berkumpul untuk buka puasa bersama maka cara pengumpulan zakat dilakukan melalui teknik digital, cara ini  akan lebih efektif dan juga efisien dari segi waktu”, ungkap Hasyim Syam.

Para muzaki diharapkan aktif menggunakan sisitim online, “Kepada para muzaki kami mohon partisipasi yang sangat aktif, mudah-mudahan pengumpulan zakat kali ini dapat berjalan semaksimal mungkin dan semoga Allah SWT memberikan keberkahan kepada upaya kita ini dan juga kepada muzaki”, harap Hasyim.

BAZ TIM  merupakan unit kerja dari Pengurus Pusat Taman Iskandar Muda, setiap tahunnya sudah melakukan pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah pada saat bulan Ramadhan. Selama ini proses pengumpulan zakat dilakukan secara konvensional dengan cara menyebarkan formulir kepada para pengurus dan masayarakat Aceh di wilayah Jabodetabek yang menghadiri kegiatan buka puasa bersama. Dari Dana yang terkumpul setiap tahunnya, BAZ TIM menyalurkan dana kepada ummat sesuai dengan amanah yang diterima dari para muzaki. Dana yang berupa zakat diberikan kepada yang berhak sesuai dengan tuntunan dan hukum zakat sedangkan  infaq dan shadaqah dikeluarkan kepada masyarakat yang membutuhkan. [SRF]

0 Reviews

Write a Review

Said Rulam Fauzi

Read Previous

SEUSAMA Peuduli Covid-19, Program Bantuan Untuk Warga Lhokseumawe dan Aceh Utara yg terdampak PSBB di Jabodetabek

Read Next

Работа в Омске. Советы по трудоустройству

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *