Silaturrahim TIM dan Kick Off Pendataan Anggota

Lazimnya acara rapat atau silaturrahim antara Pengurus Pusat TIM dengan Pengurus Cabang TIM dilaksanakan dengan tatap muka. Namun kali ini di tengah tengah kondisi pandemi Covid 19, PP TIM melaksanakan rapat sekaligus silaturrahmi antara Pengurus Pusat TIM dengan Pengurus Cabang TIM secara virtual melalui zoom meeting. Acara  tersebut diselenggarakan pada hari ahad, 20 September 2020, jam 14.00 s/d selesai. Berikut ini beberapa Catatan dirangkum untuk ditindaklanjuti bersama: 

Forum silaturrahim ini, dibuka oleh Ketua Umum PP TIM Bpk. Surya Darma dengan menyampaikan beberapa hal yang dirasa penting sekaligus updating atas isu isu pokok organisasi, program kerja, persiapan Musyawarah Besar (Mubes), laporan pengumpulan zakat, inventarisasi aset, serta laporan dari pengurus cabang. Poin-poin  arahan Ketua Umum PP TIM antara lain :

-Penjelasan tentang berbagai program kerja yg sudah direalisasikan sejak Pengurus Pusat dilantik pada tanggal 5 Maret 2017, termasuk tentang persiapan Mubes dan tentang peran TIM ke depan.

-Untuk mempersiapkan pelaksanaan Mubes, PP TIM telah membentuk Tim Pengarah (SC) dan Panitia Pelaksana Mubes SC.

-Organisasi Taman Iskandar Muda telah terdaftar di Kementerian Hukum & HAM.

-Pada tanggal 20 Agustus 2020 yang lalu PP TIM juga telah melaksanakan silaturrahim virtual masyarakat Aceh, yang dihadiri oleh Gubernur Aceh  dan juga menjangkau masyarakat Aceh diaspora. Peserta yang hadir mencapai 400 lebih yang berasal dari seluruh Indonesia bahkan dari luar negeri.

-Kick of program pendataan anggota TIM, dimana PP TIM telah bekerjasama dengan Badan Penghubung Pemerintahan Aceh (BPPA) Jakarta tentang program pendataan anggota TIM di seluruh cabang cabang, termasuk yang bernaung dibawah organisasi lokal dan sektoral melalui program/ aplikasi online.

Penjelasan Pengumpulan dan Penyaluran Zakat, Infaq dan Sadaqah oleh Ketua BAZ TIM Ustadz Tgk. Hasyim Syam.

Pada tahun ini jumlah pengumpulan zakat menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah zakat yang terkumpul sampai dengan saat ini Rp. 735 juta, sisa zakat tahun lalu Rp 15 juta.

Tahun ini penyaluran zakat akan didistribusikan kepada senif prioritas. Penyaluran kepada dhuafa dan mahasiswa unggulan tidak dilaksanakan. Penyaluran zakat masih dominan untuk pembangunan Kantor PP TIM di Wisma Perahu. 

Untuk meningkatkan jumlah pengumpulan zakat, Ketua BAZ PP TIM meminta peran aktif dari cabang cabang TIM untuk membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ), sehingga jumlah zakat yang dikumpulkan bisa ditingkatkan jumlahnya.

Penjelasan maksud dan tujuan program pendataan anggota TIM, oleh Ketua Tim Pendataan Bpk. Yusra Huda, dilanjutkan dengan penjelasan teknisnya yang disampaikan oleh Bpk. T. Suhatsyah sebagai Kabid. Organisasi PP TIM dan oleh Tim IT program pendataan anggota BPPA Sdr. Rifqy Zakaria. Program pendataan anggota ini dilaksanakan secara online melalui program aplikasi yang sudah didesain. Program pendataan anggota dimaksudkan untuk mendata seluruh anggota TIM yang tersebar di DKI, Jabar dan Banten. Data ini selanjutnya akan dapat digunakan untuk mempermudah PP TIM dalam memastikan jumlah dan penyebaran serta pelayanan anggotanya. Data masyarakat Aceh ini juga  dapat digunakan oleh  BPPA dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Aceh di rantau khususnya yg bermukim di Jabodetabek. TIM IT BPPA telah mempresentasikan teknis pendataan, serta tingkat keamanan data yang diinput di dalam program aplikasi yang sudah disiapkan tersebut. Berdasarkan beberapa masukan tentang field data dan simplifikasi teknis pendataan, Tim pendataan akan menyempurnakan infrastruktur data base dalam pekan ini sebelum melakukan pendataan di lapangan secara online.

Untuk memudahkan pendataan, akan dibuat booklet petunjuk teknis oleh Tim sebagai pedoman bagi petugas di lapangan dan untuk memudahkan pengurus cabang melakukan input data. Bila perlu juga akan dilakukan short training utk petugas/inputer cabang cabang TIM dan dalam waktu dekat akan disusun jadwal pendataan dan penetapan Cabang TIM sebagai uji coba pendataan yang pertama.

Penjelasan Pengurus Bid. Infokom tentang pengelolaan media informasi digital PPTIM oleh Ketua Koordinator Bid. Infokom Bapak Iskandar Zamzami dan Bapak Said Rulam Fauzi.

Untuk memperlancar informasi dan komunikasi , Bidang Infokom PP TIM sudah membangun infrastruktur Web Info TIM dan Database. Bid Infokom juga sdh membuat media social terdiri dari: Instagram, Twitter, Facebook dan Youtube.
Dengan demikian, ke depan segala aktifitas TIM, baik di level PP, Badan, Yayasan, Cabang, Organisasi sektoral dan lokal dapat diberitakan dan disiarkan lewat media tersebut, baik realtime maupun non realtime.

Bidang Infokom dan Redaksi berharap kepada Pengurus Cabang, Organisasi Sektoral dan Lokal untuk berperan aktif dalam menyumbangkan berita berita kegiatannya. Berita dapat ditujukan langsung kepada Redaksi Media PP TIM.

Penjelasan soal aset  dan penyatuan Yayasan oleh Waketum oleh Bapak Azwani Sabil.

Kedepan semua aset yang dimiliki oleh organisasi Taman Iskandar Muda baik yg ada di Pusat, Badan, Cabang dan Yayasan akan diinventaris atas nama Taman Iskandar Muda. Dalam hal ini inventarisasi aset atas nama Iskandar Muda bukanlah bermakna aset akan dikuasai oleh TIM Pusat, namun aset masih tetap milik dan dikuasai oleh organisasi pemiliknya, hanya saja tercatat atas nama Taman Iskandar Muda. Untuk ini kita perlu meniru bagaimana Organisasi Muhammadiyah dalam mengelola asetnya. Semua aset dimanapun berada, di daerah dan luar negeri tetap dinventarisir atas nama Muhammadiyah semua, walaupun didalam prakteknya dikelola oleh Muhammadiyah setempat.

Pada kesempatan ini forum juga mendengarkan beberapa penjelasan dari para Korwil PP TIM.

Bapak Arief Djamaludin  melaporkan tentang solusi Cabang Ciputat dalam waktu dekat. Bapak Kaharudin Syah melaporkan kondisi beberapa Cabang yang masih tidak aktif dan akan dihidupkan kembali. Bapak Imran Syam melaporkan intensifikasi komunikasi dgn cabang binaan dan persoalan Cabang Bekasi sdh diselesaikan dgn penunjukan pengurus baru.

Acara Silaturrahim/Tanya Jawab dengan Pengurus Cabang.

Hampir semua pengurus cabang yang hadir sangat mengharapkan forum silaturrahim/rapat antara PP TIM dengan Pengurus Cabang perlu dilakukan secara periodik, sehingga dalam situasi pendemi covid 19 proses komunikasi organisasi antara PP TIM dengan Pengurus Cabang tetap dapat berjalan.

Bapak T. Chairul Wisal sebagai pengurus Cabang Ciledug meminta teknis pendataan anggota dapat dilaksanakan sesederhana mungkin sesuai kondisi, misalnya cukup dengan mengirimkan fotocopy KTP atau KK.

Bapak Fadhli dari Cabang Cikupa, menyampaikan menimbang kebutuhan sarana IT ke depan, mengharapkan PP TIM atau Gubernur Aceh mengusahakan bantuan laptop kepada cabang cabang untuk mendukung kinerja administrasi cabang.

Bapak Noval dari Cabang Slipi, mengharapkan adanya koordinasi lebih lanjut tentang program pendataan anggota ini dan mengharapkan Tim menyiapkan form pendataan sehingga Pengurus Cabang cukup hanya mengisi form tersebut.

Bapak Hasballah dari Cabang Karawang, meminta program pendataan selanjutnya dapat menerbitkan KTA elektrik seperti e-money sehingga multiguna dan menarik minat anggota

Pengurus PP TIM juga mendengarkan beberapa laporan tentang kondisi cabang masing masing. Laporan antara lain disampaikan oleh Bapak Saiful Bahri dari Cabang Pasar Minggu, Bapak Husaini Hakim dari Cabang Bekasi, dari Ibu Tjut Sonia dari Cabang Bogor, dan dari Bapak Hasballah Cabang Karawang yang sudah berhasil meningkatkan status dan memperluas bangunan meunasah menjadi Masjid di Karawang. Cabang Bogor mengharapkan adanya petunjuk pelaksanaan dan arahan dari PP TIM, bagaimana Cabang diberikan wewenang dalam membangun kemitraan dengan Pemerintah Daerah setempat.

Setelah mendengarkan segala masukan dengan seksama, sekitar pukul 16.30, Ketua Umum PP TIM Bapak Surya Darma menutup pertemuan virtual ini, dengan mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas perhatian dan kehadiran dari Pengurus Pusat TIM dan Pengurus Cabang TIM. (TS/210920)

0 Reviews

Write a Review

Said Rulam Fauzi

Read Previous

Ketika Masyarakat Aceh Ban Sigom Donya Saling Bertemu, Urun Rembuk dan Membangun Harapan

Read Next

Purchase Essay Replies – Essay Writing Tips For You

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *