Prof. DR. Syamsuddin Mahmud (Pak Syam) Tutup Usia, Selamat Jalan Guru Bangsa.

Inalillahi Wainna ilaihi Rajiun, Gubernur Aceh 1993 – 2000 Prof Dr H. Syamsuddin Mahmud  (Pak Syam) tutup usia pada hari ini, Sabtu (22/5/2021).

Almarhum meninggal dunia pada pukul 10.50 WIB di Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin Banda Aceh. Pak Syam tutup usia di umur 87 tahun.

Pak Syam adalah guru bagi semua rakyat Aceh, dan bagi anak bangsa di negeri ini. Kita benar-benar merasakan kehilangan seorang putra terbaik Aceh. Kegiatan mengajarnya telah ditempuh sejak jadi siswa SMA di Jakarta maupun ketika kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sebagai seorang guru, maka Pendidikan dan anak didik selalu menjadi focus perhatiannya. Pak Syam dalam memajukan pendidikan di Aceh telah membuahkan banyak hasil. Hal ini dapat dilihat dengan berdirinya tiga buah sekolah unggulan di Aceh yaitu SMA Modal Bangsa, Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa, dan SMA 9 Tunas Bangsa. Kebijakan Pak Syam terhadap pendidikan di Aceh memiliki dampak yang sangat besar. Hal ini dapat dilihat dari prestasi ketiga sekolah unggul yang telah dibangun olehnya dimana alumni-alumni dari sekolah yang didirikan banyak yang lulus perguruan tinggi unggulan tingkat nasional maupun internasional. Ia juga terlibat aktif sebagai Ketua Dewan Pembina dalam Yayasan FOKAL, sebuah yayasan yang fokus pada penyaluran buku bacaan ke Aceh melalui Program Sejuta Buku untuk Aceh.

Kiprahnya sebagai seorang guru telah dimuat dalam buku bertajuk “Biografi Seorang Guru di Aceh: Kisah Prof. Dr. Syamsuddin Mahmud Kepada Sugiono MP”, yang diterbitkan pada tahun 2004, sebuah buku inspiratif dan komprehensif tentang perjuangannya di dunia pendidikan.

Kini Kita hanya mampu mendo’akan, semua apa yg telah Pak Syam berikan untuk Aceh, baik ketika menjadi Wakil Rektor Unsyiah, maupun ketika sebagai Ketua Bappeda Aceh, maupun sebagai Gubernur Aceh (1993-2000), semua itu akan Allah jadikan sebagai amal ibadah beliau yang telah banyak berbuat untuk Aceh dan bangsa ini. Do’a kami, semoga Pak Syam menjadi tamu Allah yang Agung di sisinya. Amin Ya Rabbal ‘alamin. [srf]

0 Reviews

Write a Review

Said Rulam Fauzi

Read Previous

Paper Writing Services

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *